Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatakan "Tidak" Kepada Seseorang Tanpa Membuatnya Kecewa

Cara mengatakan "tidak" kepada seseorang tanpa membuatnya kecewa

Memang sulit untuk mengatakan tidak pada seseorang, apalagi jika permintaan dan ajakan itu berasal dari seseorang yang dekat dengan diri kita. Padahal, kita bisa melakukan sesuatu yang jauh lebih baik ketika menolak tawaran tersebut.

Seorang motivator kawakan Greg McKeown mengatakan banyak orang yang sering merasa tersiksa karena tak mampu berkata "tidak"

Menurutnya, mengatakan "tidak" pada waktu yang tepat dapat mengubah keadaan menjadi lebih baik. Oleh karena itu sangat penting untuk belajar mengatakan " tidak", walau harus disampaikan dengan cara yang jangan sampai menyakiti dan mengecewakan orang lain.

McKeown membagikan tips bagaimana caranya mengatakan "tidak" tanpa mengecewakan orang lain

1. Beri Solusi

Menurut McKeown, kita bisa menolak ajakan/ permintaan dari seseorang dengan menawarkan cara lain. Misalnya ketika teman meminta bantuan untuk ditemani ke toko buku. Kita bisa menolaknya dengan merekomendasikan seorang teman yang paham terkait materi yang dicari.

Selalu iringi penolakan dengan memberi solusi, tawarkan orang lain sebagai pengganti atau lain waktu. Kita bisa menolaknya dengan cara "Maaf, saya tidak bisa, tapi mungkin si A akan tertarik"

2. Beri Tahu Kondisimu

Kesalahan terbesar ketika orang berkata tidak adalah membuat alasan yang berlebihan. Akibatnya mereka yang awalnya berkata tidak bisa berubah menjadi iya karena argumennya tidak masuk akal. Agar penolakan kita berhasil, ucapkan kalimat tentang komitmen

"Bukan tidak bisa, tapi saya terlanjur ada janji"

Begitu misalnya

Dengan membiarkan orang lain tahu kondisi kita, apa yang sedang kita kerjakan itu akan membuat mereka memikirkan kembali permintaannya

3. Katakan dengan Humor    

Menolak dengan menyelipkan candaan bisa mengurangi kemungkinan seseorang kecewa. Memang, ada anggapan menolak sehalus apapun tetap membuat orang kecewa.

Namun dengan meminimalisir perasaan terluka, tak ada salahnya membuat candaan yang bisa meredakan rasa canggung dan ampuh dalam mengalihkan pembicaraan

4. Menunda Jawaban

Cara ini bisa kita lakukan dengan mengatakan hal seperti "Saya lihat jadwal terlebih dahulu ya, nanti saya kabari"

Dengan begitu, kita bisa mengatur waktu untuk melakukan penolakan. Bisa jadi dengan seiring waktu, dia sudah menemukan solusi atas masalahnya